Here I Am Bravely Choosing To Fight for The Uncertainties of Life

by - Friday, February 22, 2019



Akui saja, semua orang benci perubahan. Semua orang benci keluar dari zona nyaman. Kita semua benci ketidakpasian.

Tapi, kehidupan ini justru memberiku begitu banyak kejutan sejak tahun lalu. Rasanya semua yang sudah aku gambarkan dengan jelas menjadi kabur dalam sekejap. Untuk beberapa saat, aku mulai merasa ketakutan dan kehilangan kontrol. Rasanya seperti berjalan di jalanan yang asing dan tidak kukenali sama sekali. Ketidakpastian ini membuatku merasa tidak mengenali atau mungkin lupa dengan siapa diriku, potensi dalam diriku, orang-orang disekitarku dan banyak hal yang ada disekitarku.

Dalam waktu yang hampir bersamaan aku kehilangan beberapa orang yang berharga dalam hidup ini, mengalami berbagai kesulitan dalam studi dan kesehatanku. Rasanya seperti akan gila. Rasanya sangat tidak adil. Kenapa harus aku? Bayangkan, ketika kamu merasa sudah menggambarkan dengan sangat jelas skenario yang akan kamu jalani dalam kehidupan ini, tapi keadaan membuatnya terbalik seketika.

Lucunya, aku terus berputar berulang-ulang pada lingkaran ketidakpastian ini. Setiap kali aku mulai bangkit, keadaan kembali memaksaku jatuh. Begitu terus sampai akhirnya aku mulai bertanya pada kehidupan ini "pelajaran apa lagi yang harus aku petik dari semua ini?".

Tahap awal merupakan tahap dimana aku menyangkal semuanya. Semakin melawan terasa semakin berat. Tahap ini benar-benar sulit, terutama ketika kita mulai membandingkan perjalanan yang kita lalui terasa jauh lebih berat dibandingkan dengan orang lain disekitar kita. Hasilnya? Aku mungkin sudah hampir gila.

Untuk mulai beranjak dari tahap "menolak" ke tahap "menerima" ketidakpastian dalam hidup ini bukanlah hal yang mudah. Akan ada saat-saat dimana kamu merasa sudah membaik dan kembali memegang kendali atas hidup ini, tapi tidak lama setelah itu kamu akan merasa kehilangan kendali lagi dan jatuh sekali lagi. Aku melewati itu, bahkan hampir setiap hari sampai saat ini, hingga akhirnya aku mulai berdamai dengan semua ketidakpastian ini.

Dengan berat hati, aku biarkan semua ketidakpastian itu masuk kedalam hidupku. Aku berusaha keras untuk menerima mereka. Ketidakpastian akan apa yang akan aku hadapi selanjutnya, aku biarkan semua mengalir. Aku tidak tahu apa yang akan aku lewati lagi selanjutnya, entah itu hal yang baik ataupun buruk, siapa yang akan menjadi pasanganku kelak, atau kapan aku akan sukses dan membangun kehidupan idaman. Aku tidak tahu. Tapi satu hal yang aku tau pasti, aku berusaha membiarkan kehidupan ini memberikanku semua pelajaran yang memang harus aku terima dalam fase kehidupan ini.

Aku tidak lagi mempertanyakan kenapa aku merasa berada di jalur "kesialan" yang sama sampai saat ini? Kenapa aku harus melewati semua perjuangan, rasa sakit, kesialan dan kesulitan ini? Aku berhenti menanyakan semua itu pada diriku sendiri. Yang bisa aku lakukan saat ini hanya tetap berusaha keras dan menjalani hari-hariku dengan sebaik mungkin. Ya, aku mungkin tidak tahu gambaran jelas yang harus aku jalani selanjutnya, tapi satu hal yang pasti aku pahami untuk saat ini; hidup ini akan melempariku dengan banyak hal, mulai dari yang kecil sampai besar, berat ataupun ringan, positif ataupun negatif, semua akan berusaha aku terima dengan baik.

Jika suatu saat nanti aku harus jatuh sekali lagi, atau mungkin beberapa kali lagi, aku akan berusaha untuk bangkit dan kembali berusaha. Satu-satunya pilihan yang aku punya adalah untuk terus berusaha dan bangkit. Jatuh, kemudian bangkit lagi, begitu seterusnya. No turning back, life goes on, right?

Because here I am, bravely choosing to fight for the uncertainties of life.

Love, Ita
MY INSTAGRAM

You May Also Like

0 comments