Priceless Life Lessons I learned In 2018

by - Monday, December 31, 2018


This past year has been hands down one of the hardest ones and has left the biggest impact on my life. Allow me to share with you some things I've learned.. 

Sometimes love disappears without a proper reason why

Mungkin akan terasa lebih mudah jika kita melihat ke belakang dan membayangkan betapa indahnya jika seharusnya begini, jika seharusnya begitu dan begitu seterusnya. Tapi tidak, tidak akan pernah terjadi dan kita harus menerimanya. Sangat tidak mudah untuk melepaskan sesuatu yang tidak siap kita lepaskan, tapi ketika saya akhirnya berhasil melakukannya, saya bisa merasakan beban berat itu meninggalkan tubuh saya and I felt this incredible sense of calm. Ya, saya sudah berdamai dengan masa lalu dan saya bahagia untuk semua hal yang telah terjadi.

My happiness doesn't depend on other people, I learned how to depend on myself

Sebagai seseorang yang telah menggantungkan kebahagian selama 6 tahun lebih pada orang lain, ini adalah pelajaran yang sangat sulit untuk saya pelajari. Ada banyak momen di tahun-tahun sebelumnya dimana saya mengabaikan potensi yang saya miliki. Saya benar-benar tidak bisa melihat dan memahaminya pada titik waktu tertentu. Saya berusaha dengan sangat keras untuk membangun kehidupan ini dan lebih mencintai diri saya sendiri. Kita tidak akan pernah benar-benar bahagia jika mengandalkan orang lain untuk itu. Pada akhirnya, semua itu bergantung pada diri sendiri. Di tahun ini saya berhasil menjadi penyelamat untuk diri sendiri dan menuntun diri ini keluar dari jalan gelap.

Don't be so hard on your self

Tahun ini saya belajar, tidak semua hal dalam hidup ini dapat berjalan sesuai rencana yang sudah kita tuliskan dengan sangat detail. And that's totally okay. Kita datang kesini untuk mempelajari sesuatu dan berkembang. Ada banyak sekali hal yang tidak sesuai rencana awal terjadi, dan mungkin saya sudah hampir gila melaluinya. Ada banyak pertanyaan di awal, kenapa saya harus melewati semua ini, kenapa ketika saya sepertinya sudah berusaha 10x lipat lebih besar dibandingkan orang lain tapi keadaan membalikkannya dan saya harus jatuh berkali-kali. Pasangan, studi, kesehatan, rasanya seperti benang kusut. But I'm glad I didn't give up. 

It's time for self-discovery

Saya telah belajar banyak hal tentang diri saya tahun ini, and caught a glimse of what being an adult is like. Sepanjang semua jejak kesengsaraan, sangat senang ketika saya akhirnya belajar menjadi pribadi yang mandiri dan menerima semua sisi dalam diri ini, both the calm and the chaos, the sun and the moon. Rasanya seperti menemukan cahaya dalam lorong gelap. Hidup ini mengajarkan saya segala kerugian yang saya rasakan merupakan sebuah batu loncatan menuju sesuatu yang lebih besar. Ketika satu pintu tertutup, akhirnya ada pintu lain yang lebih terang terbuka untuk saya. Saya akhirnya belajar melihat potensi tanpa batas di akhir cerita. I learn to love the person that I am and slowly growing into.

I find joy in positive interactions

Tahun ini mungkin akhirnya saya berhasil melihat teman-teman dan keluarga yang selalu berusaha menjangkau dan setia berada di sisi saya ketika berada di titik terendah, untuk itu saya sangat berterima kasih. Terima kasih telah menunjukkan cinta dan dukungan tiada akhir, terima kasih telah membuat saya melihat bahwa masih ada cinta kasih yang tulus dan tidak akan meninggalkan saya.

Change may be painful but it’s often necessary

Dulu, saya sangat takut bagaimana jika segala sesuatunya tidak akan pernah sama. Tapi sekarang, saya akhirnya melihat setiap persimpangan jalan dan perubahan arah dari rute awal merupakan permulaan baru yang saya butuhkan. Bahwa ketika segala sesuatunya berakhir dan berubah, tidak ada alasan lagi untuk khawatir dan takut bahwa hidup ini akan semakin memburuk. Namun sebaliknya, ada peluang dan jalan baru untuk dilalui. Lebih baik mengumpulkan keberanian untuk bangkit dan melalui semua jalanan asing itu daripada terjebak pada keadaan dan masa lalu. Lebih baik berusaha keras untuk terus berjalan maju daripada terjebak dalam penyesalan dan selamanya bertanya-tanya "bagaimana jika..."


2018, you let me understand that everything happens for a reason and it is the lessons of yesterday that build me to the strong and determined individual I am today.

Until next time,
Ita 
MY INSTAGRAM






You May Also Like

0 comments