Your Inner Beauty Is Worth More Than Your Outward Appearance

by - Thursday, November 16, 2017

Hello, Dolls!

I'm back with a deep thoughts post. I'm sorry to say this but the irony of life is many people with the outer beauty lack the inner beauty. A sexy body doesn't guarantee a beautiful heart. A beautiful heart is more important and one hundred times more valuable than a beautiful body. That's why I'm here to share with you about the importance of "inner beauty".


Semua orang ''pasti" ingin tampil cantik? Siapa yang tidak ingin terlihat cantik? Tapi sebelum itu, pernahkah kalian berpikir apa definisi cantik itu sendiri? To understand this, you have to consider the concept of beauty. Apa yang aku lihat dalam dunia nyata justru sangat terbalik dengan konsep beauty yang sesungguhnya. Aku yakin, jika lingkungan kita tidak mendukung dan melihat diri kita tidak masuk dalam 'kategori' cantik yang ada, kita cenderung akan merasa minder dan menyalahkan diri sendiri. Ini karena lingkungan kita memiliki standard kecantikan yang ironisnya diikuti oleh sebagian besar orang. Nah, standard yang terbentuk inilah yang akhirnya memunculkan rasa frustasi/stres ketika seseorang tidak dapat memenuhinya.


Sebelum menulis postingan ini, aku merupakan salah satu orang yang pernah menyalahkan diriku sendiri karena merasa diriku kurang dari segi fisik. Sounds crazy right? Beberapa tahun lalu, aku pernah merasa depresi berat ketika wajahku dipenuhi jerawat. Aku malu untuk keluar rumah dan sangat takut menatap lawan bicaraku. Ketika aku sangat minder dengan bentuk tubuhku yang tidak masuk kategori 'sexy' sama sekali. I'm only 152cm dan aku punya bentuk tubuh yang kecil and too skinny. Ketika aku minder dengan bentuk pipiku yang chubby sangat jauh dari bentuk wajah V idaman semua wanita. Ketika aku lahir dengan warna kulit wajah yang sangat pucat dan tidak sehat. It breaks my heart when people keep asking me "are you sick?". Untuk beberapa waktu aku menyalahkan diriku sendiri. But I finally get over it. Aku sadar ada hal lain yang bisa aku tunjukan pada dunia disamping fisik semata. Ada value dalam diriku dan tentunya dalam diri setiap orang yang bisa kita pancarkan. This is why I'm telling you inner beauty is soooo much more important!



But what is an inner beauty to be exact? Inner beauty is based on one's personality traits, such as action, attitudes, manners, and behavior. It's our inner beauty which is reflected in our soul. Salah satu kutipan dari Kahlil Gibran favoriteku "beauty is not in the face, beauty is a light in the heart". Kecantikan dalam diri kita menyangkut apa yang kita tawarkan pada dunia, bagaimana kita membawa diri dan kontribusi apa yang bisa kita berikan pada lingkungan. Dari sini aku ingin sekali mengingatkan kalian, jangan berkecil hati ketika kita terlahir dengan segala kekurangan fisik yang bahkan sebenarnya kita tidak tahu apakah itu bisa disebut kekurangan atau tidak. Bentuk fisik kita tidak seharusnya mengklasifikasikan kita cantik atau tidak. Menurutku, ciri fisik seseorang ditentukan dari genetiknya dan seharusnya tidak memberikan kontribusi langsung pada label "cantik" seseorang.

Lalu apakah kita tidak boleh mempercantik diri? Tentu boleh, sangat boleh. Akupun suka mempercantik diri didukung dengan pekerjaanku sebagai fashion blogger, tapi yang perlu kita ingat, apakah kita mempercantik diri untuk mendapatkan simpati dan pengakuan orang lain? Atau untuk diri kita sendiri? Dua hal ini yang harus kita bedakan. Ketika kita merasa cantik dan percaya diri dari dalam darisanalah aura itu terpancar. Sounds cliche right? But it's true. Believe me.




Inner beauty terpancar ketika kita berhasil memaksimalkan bakat dan potensi, kecerdasan dan pengetahuan yang kita miliki pada dunia dengan melakukan kebaikan, belas kasih dan bagaimana kita dapat berempati dengan sesama. It's involved with the degree of tolerance she has achieved, the kind of citizen she is and the amount of joy and beauty she sees in life. Seorang wanita tidak akan cantik sepenuhnya unless she is living to the full harmoniously developing all the potentialities. She must be mentally, emotionally and physically alive. And it is important to believe that every person has talents and talents must be dscovered so that we can find them as strengths to live life satiffactorily.

Ini hal yang aku sadari ketika aku sudah dewasa dan mungkin agak terlambat untuk aku sadari. I finally realize why my dad teach me how to play so many instruments; piano, guitar, drum since I was a child. He also taught me how to be a multi-talented girl, be a well mannered person, how to be independent, how to dream and how to have an empathy for others. Kita bahkan bisa membicarakan hal-hal yang sangat out of the box seperti politik, kehidupan, kematian, galaxy, semesta dan lain-lain selama berjam-jam. Waktu kecil aku tidak sadar, semua yang beliau lakukan adalah mengisi diriku dengan sangat banyak nilai sehingga bisa membentuk karakterku saat ini. Setelah aku besar, aku mulai sadar, apa yang ayahku ajarkan adalah ketika aku tumbuh besar ada sesuatu yang bisa aku berikan pada dunia dan lingkungan disamping kecantikan fisik semata. Dan aku benar-benar sadar ketika aku memperkenalkan pasanganku padanya, hal pertama yang ia tanyakan "What does he love about you? Does he sees your inner beauty?" I'm crying :')





  • Inner beauty glows. Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang sangat sangat cantik tapi ketika orang tersebut hilang kamu tidak merasakan apa-apa lagi? Itu disebut dengan outer beauty. Tapi seseorang dengan inner beauty bahkan akan membuatmu merasa dia terlihat lebih cantik ketika kamu berbicara banyak hal dengannya, menghangatkan hati dan bahkan memberikan daya tarik yang berbeda. 
  • Inner beauty makes you a beautiful person. Like I said before, a sexy body doesn't guarantee a beautiful heart. It's the inner beauty, kindness, and generosity of your heart that makes you a beautiful person.
  • Inner beauty doesn't fade. The outer beauty will eventually fade, and look totally unrecognisable with time. Ketika kita memasuki usia 30, semua akan kena hukum grativitasi (menurun ke bawah). But the inner beauty stands the test of time; it wouldn’t fade, rather it keeps getting better and better as one grows older and wiser.
  • Confidence. Inner beauty gives you the confidence to face the world and its problems, which is something far greater than the standards that had been set by the society. 
  • Inner beauty makes people love you more. While your outer beauty will make people love your because of your body, your inner beauty will make people love your soul and love you for who you are, and at the end, it will enhance your outer beauty. 

Jadi inti tulisanku kali ini adalah ingin mengingatkan kalian pentingnya inner beauty, kita bisa berhenti mengejar kesempurnaan dan belajar menerima diri, memaksimalkan potensi dan kualitas dalam diri. Instead of giving preference to how we look with our skin color, shape of eyebrows, eyes, nose or lips, we focus our attention to improve our pesonality in terms of inner beauty. 

What do you think about this post? And who is the most beautiful woman you've ever known because of the "inner beauty"?

Picture sources: Pinterest, unicef.org, google images, etc

Love, Ita 



You May Also Like

1 comments

  1. I'm touched. Lucky you, You have a very wonderful dad ;). Like the words say 'Be Your Own Kind of Beautiful' ❤️

    ReplyDelete