Why Starting A Blog Was The Best Decision I Ever Made

by - Sunday, June 18, 2017

Who would have thought over 4 years ago that I would finally find the best things in my life, be writing this post filled with incredible things, sharing my stories with you all…not me that’s for sure!


Featured on Cosmo Girl Indonesia May 2017

Rasanya masih seperti mimpi, aku bisa berada di situasi dan kondisi sekarang ini. 4 tahun lalu sejak aku memulai membuat blog, sama sekali tidak pernah terlintas di pikiranku bahwa hal ini akan membuatku menjadi seperti sekarang ini. Aku memulai blog untuk menyalurkan passion dan hobiku tapi tidak pernah menyangka ini akan membuatku dikenal, menginspirasi orang lain apalagi sampai memiliki penghasilan dari hal ini. I still pinch myself. Of course I'm happy, this is the best decision I ever made in my life. 

Kalau dilihat lagi ke belakang, kalian mungkin tidak akan percaya aku pernah melalui semua itu. 4 tahun lalu aku benar-benar seseorang yang berbeda. Aku bukan pribadi yang selalu tampil percaya diri dan selalu menganggap diriku rendah, aku selalu merasa insecure bahkan tahap terberat dalam hidupku aku harus hidup dengan anxiety disorders yang sangat sulit untuk aku lalui terutama saat periode awal mulai masuk kuliah. I've gone through so many ups and downs in this life, bahkan aku mengalami bullying fisik dan psikis saat masih SD dan itu yang membuatku menjadi pribadi yang introvert dan sulit untuk bersosialisasi selama bertahun-tahun. 




Masa-masa awal aku memulai blog juga tidak mudah. Aku mulai menulis 4 tahun lalu disaat belum banyak orang tahu/mengenal fashion/beauty blogger seperti sekarang ini. Aku mulai dengan 0 readers di flatform blogku sebelumnya, bagaimana mungkin aku bisa membuat orang lain tertarik untuk mau membaca konten yang aku buat? Bahkan orang-orang terdekatku banyak yang menganggap aku melakukan sesuatu yang "useless" karena profesi blogger memang masih sangat asing pada saat itu. I also scared to tell people about my blog and my personal stye because I was worried that my oown friends might judge me for taking photos of myself and posting on social media. Tapi aku selalu menaruh kepercayaan dalam diriku, entah seberat apapun situasinya aku selalu percaya, The Universe will be kind to me, I will success, someday, I will. 

Dalam periode transisi itu, aku belajar banyak hal tentang industri ini. Belajar bagaimana menjadi penulis yang baik, bagaimana kita beretika di komunitas ini, bagaimana melihat peluang dan menciptakan sesuatu yang unik dari diriku sendiri yang bisa membuatku jadi lebih baik lagi. Aku melewati proses itu selama 4 tahun sampai bisa seperti sekarang, itu berat dan tidak mudah, tapi aku benar-benar bersyukur pernah melewati itu yang akhirnya membuatku menghargai proses dalam hidup ini.  It’s amazing how life works right?, one minute you are so sure and content about where things are leading and then out of the blue an amazing and inspiring ideas enters your life and changes it all, suddenly your able to look back and giggle at how silly you were to think life had hit the ultimate peak.. 




So why starting a blog was the best decision I ever made? 

Setelah belajar banyak tentang industri ini, secara perlahan ini membantuku melihat "goals" dalam hidupku. Sebelumnya, aku sebenarnya masih merasa tidak yakin apa potensi yang aku miliki dan apa yang akan aku lakukan dalam hidup ini kedepannya, Tapi melalui blog ini aku mulai melihat apa yang sebenarnya aku ingin capai selanjutnya dan membuatku semakin bersemangat untuk menjadi lebih baik. Blogging juga membantuku menjadi probadi yang lebih fokus dan mengerti makna dari sebuah proses. Aku mulai belajar time management yang baik karena untuk menulis konten dalam blog harus konsisten.


Featured on GADIS Magazine Annual Edition
Alasan lainnya, mungkin tidak menjadi alasan utama tapi tetap sangat berharga yaitu aku bisa memiliki penghasilan dari industri ini, aku bisa memiliki penghasilan melalui tulisanku yang dibaca banyak orang. Aku bahkan pernah menangis karena tidak menyangka hal ini benar-benar akan terjadi padaku. I'm blessed. Selain itu, sejak aku menjadi blogger, aku mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan banyak sekali brand-brand fashion ataupun kecantikan yang bahkan tidak pernah bisa aku bayangkan sebelumnya. I just can't believe I make a living through this. 

Menjadi blogger juga membuatku belajar banyak sekali hal baru. mengenal banyak sekali orang-orang baru di industri ini juga salah satu  hal terpenting dalam karirku. Aku mulai membangun koneksi dengan banyak sekali perempuan-perempuan hebat dalam bidang ini yang tentunya memiliki latar belakang yang sangat berbeda tapi memiliki passion yang sama. Melalui komunitas ini aku belajar banyak hal juga, sharing ilmu dan tips dan saling support satu sama lainnya. Ini pertama kalinya aku bisa menemukan komunitas yang penuh dengan orang-orang supportive bahkan sama-sama mendukung untuk menjadi lebih baik lagi. And Often people don't really understand what we (bloggers) do and I can forgive people thinking that we're a bunch of girls taking selfies and photos of food, beauty products or our outfits. But in reality I'm part pf an empowered network of fashion/beauty lovers, entrepreneurs and hobbyist who have very diverse backgrounds and objectives, but a common passion to communicate. 



Dan terakhir, ini benar-benar mengejutkan. Apa yang aku lakukan ini ternyata bisa menginspirasi orang lain diluar sana. Aku mulai mendapatkan banyak sekali support dan pesan dukungan melalui email ataupun direct message di social media yang tentunya sama sekali tidak pernah aku bayangkan sebelumnya. Aku benar-benar bahagia, sangat. The best part is; apa yang aku lakukan ternyata tidak hanya berdampak baik untuk diriku sendiri tapi juga bisa memberikan efek positif bagi orang-orang disekitarku. Awalnya aku merasa minder, who am I? kenapa orang-orang menyukai apa yang aku bagikan di blog ataupun social media? Apakah aku pantas untuk menerima ini semua? Perasaan takut akan segala kemungkinan itu selalu ada, selalu, setiap harinya. Tapi, instead of thinking that I'm not worth it, aku mulai melatih pikiranku untuk belajar berdamai dan menghargai diriku sendiri. Aku mulai belajar mengenal dan mencintai diriku sendiri, sehngga kedepannya bukan lagi masalah apakah aku pantas atau tidak menerima ini semua melainkan apakah apa yang aku lakukan/berikan sudah maksimal? 


Featured on GADIS Magazine Annual Edition
When I started this blog, I intended on documenting my transformation from a frumpy girl into a classic and inspiring woman. It never crossed my mind that I would be blessed with new friends, encouraging readers and a whole new outlook on life. You ladies inspire me every single day. I read all of your comments and support through email/instagram and some of your advice is priceless. I'm a better person for having this blog and I thank you all. 


You can change the downward spiral at any time. All you have to do is choose to change. And this decision will be as if you suddenly realized you were swimming in a pot of boiling water! You can choose to work out and loose those pounds you gained. You can choose to buy a pretty new dress, even if you still feel fat and all you want to do is hide under the covers. You can choose to set your hair in curlers and wear lipstick. It all comes down to “choices” - The Glamorous Housewives 
Love,
Ita Chen

MY INSTAGRAM 

You May Also Like

6 comments

  1. OMG, bener banget yg semua kakak tulis. I feel the same way too! Aku blogging karena di dunia nyata kalau ngomong suka gagap dan ngerasa insecure sama orang-orang, makanya aku lebih suka nulis dan media itu adalah blog.

    Aku juga ngerasa bersyukur bisa terjun ke dunia blogging karena bisa ketemu temen2 yg sepassion (yg gak aku punya di dunia nyata). I also scared to tell my friends about my blog. Takut dijudge, takut dibilang sok-sok an, even my parents gtw karena takut dikatain kerjaan gak guna but I love blogging, I can't stop!πŸ˜­πŸ’œ

    Seneng banget baca ini karena tau bahwa problema yg aku hadapi sekarang juga pernah dialami orang lain. Mungkin aku gak seterkenal dan sebesar kakak, but one day, I wish I can be like you and make changes to my world and other's πŸ’œ

    Luv u *sending virtual kiss


    www.maryangline.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Darling,
      Yap, rata2 semua blogger awalnya begitu, nulis di blog karena merasa lebih nyaman dibanding public speaking. Yesh! Ketemu temen2 yang supportive itu susah. Iya syg, itu udah pasti karena kita hidup di lingkungan yang sedikit judgemental jadi gpp take it easy aja anggep sebagai motivasi supaya lebih baik lg kedepannya.

      Aww, I'm so glad to hear that! It's okay darlie, one day you will. I'm still learning too. Everyone has their own pace and path, keep blogging ya!

      Huggy from Bali!πŸ’œ

      Delete
  2. Really love your story ita .
    Make me more stronger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Auliya,
      Thank you so much for all your support. It means a lot and so glad to hear that my story can make you stronger. Sending my love from BaliπŸ’œ

      Love,
      Ita

      Delete
  3. I feel you babe. Really, being a blogger changes us to be a better person. You've grown up darling. Proud of you and all the thing that you've done. Hope can see you in person really soon. So happy to be one of your blogger babe.

    xx, kiko from Monochrome Diary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo Bae!
      Yesshhhhh.. Feeling great when our passion make us be a better person right? Thank you so much darling, I'm still learning. I'm proud of you too and so glad to know you kiko. Yash, hope we can meet each other soon.

      Love,
      ItaπŸ’œ

      Delete