Classic Style: Buy Less Choose Well & Make It Last!

by - Sunday, April 16, 2017


This post is about how to downsize your closet, to built it up with quality, create your own personal style and to shop more wisely ๐Ÿ˜

Sebenarnya udah lumayan lama aku mau share topik ini tapi baru bisa keposting sekarang. So before we start, have you heard about "Buy Less, Choose Well and Make It Last?" Well quote ini merupakan salah satu favoriteku dan selalu aku jadikan "pegangan" dalam hal berpakaian. Such an inspiring quote from Vivienne Westwood. For me, she's such a dainty and chic woman!



Sebenarnya inti dari quote ini adalah untuk mengajarkan kita lebih bijak dalam hal membeli pakaian. Quality, not quantity. Everybody's far buying too many clothes! I mean, I know I'm Lucky, aku punya banyak sekali pakaian. Mungkin sekitar dua lemari penuh masih belum cukup untuk menampung semua baju-bajuku. Sebelum sampai di tahap ini, aku seneng banget belanja outfit rutin setiap ada pergantian tren, but now I hate having too many clothes! Aku bahkan sampai lupa aku pernah punya pakaian tertentu apalagi kalau posisinya ada di tumpukan paling bawah haha! Hal yang paling menjengkelkan lainnya ketika kamu membeli outfit tertentu yang lagi booming banget kemudian trennya hilang. 



Pernah nggak kalian ada di situasi membeli 6 pakaian atau 1 pakaian dengan harga yang sama ? Kebanyakan orang pasti akan memilih membeli 6 pakaian dengan harga yang lebih murah kan? Well, aku awalnya juga seperti itu tapi pelan-pelan aku mulai belajar merubah mindset. Ingat, quality, not quantity! Banyak tidak selalu lebih baik kok. Instead of buying six things, buy one thing that you really like. Don't keep buying just for the sake of it! 

Aku mulai belajar mengatur pola pikirku mengenai apa yang sebaiknya aku beli dan tidak seharusnya dibeli. Awalnya memang sulit, terlebih lagi gaya hidup konsumtif ini  akan membuat kita mendapatkan predikat "trendy" dan ribuan like di social media. Tapi setelah belajar banyak mengenai style, bagaimana suatu pakaian itu dibuat dan yang terpenting menyadari apa yang terbaik untuk diriku sendiri aku mulai bisa mengatur kesulitan itu.



Don't be a fashion victim! Nah, khusus yang ini penting banget untuk kamu sadari baik-baik ya. Tren fashion akan selalu berganti, pasti, jadi pikirkan baik-baik saat kamu membeli outfit tertentu. Pikirkan bila trennya sudah hilang apakah kamu masih bisa menggunakannya atau tidak? Ini cara yang paling mudah untuk menghindari penumpukan dan pemborosan biaya untuk membeli pakaian. Mengikuti tren yang ada itu sebenarnya sah-sah saja kok, tapi selalu perhatikan hal yang aku sampaikan diatas. Sebaiknya jangan membeli pakaian yang hanya bisa digunakan sekali dan sulit untuk dipadu-padankan dengan outfit lainnya, aku jamin ini akan membuatmu kesulitan dikemudian hari dan hasilnya pakaian tersebut akan berada di tumpukan paling bawah lemari hehe..



Karena hal ini juga akhirnya kenapa aku memilih classic style sebagai signature styleku. Alasan sederhananya outfit classic ini biasanya timeless tidak bergantung pada suatu tren, aku masih bisa tetap  menggunakannya di tahun-tahun mendatang. Selain itu, classic items juga biasanya very well made jadi bahannya sangat baik dan bisa bertahan lama. Ini yang aku maksudkan dengan quality, not quantity. Meskipun aku punya banyak pakaian tapi hanya beberapa yang aku selalu gunakan dan aku mix-match agar tidak terlihat menggunakan pakaian yang sama berkali-kali.

Kamu bisa ikuti tips sederhana ini:


  • Invest in pieces that you can dress up or down. Ini sudah aku jelaskan ya diatas, sebaiknya beli pakaian yang tetap bisa kamu gunakan dalam situasi apapun, istilahnya versatile


  • Utamakan warna-warna netral yang bisa kamu padukan dengan berbagai warna lainnya seperti putih, hitam, navy blue, atau pastel. 


  • Pilih items yang bisa kamu gunakan berkali-kali dan kuncinya agar tidak terlihat menggunakan pakaian yang sama berkali-kali adalah mainkan kreativitasmu, mix & match! 




Sebagai contoh, kamu bisa lihat outfit yang aku gunakan di foto ini. Classic midi skirt warna biru gelap, plain white t-shirt, boater hat dan black pumps. Ini merupakan items basic yang bisa aku padu padankan dengan apapun. Kalau kalian mengikuti postingan styleku di instagram pasti sadar aku sering banget pakai items ini tapi dengan padu padan yang berbeda. Rok midi ini bisa aku padukan dengan berbagai atasan; kaos polos, kemeja ataupun sabrina top dengan warna apapun. Kuncinya adalah menyadari apa yang terbaik untuk dirimu sendiri kemudian kembangkan kreatvitasmu. Aku biasanya selalu bermain di aksesoris dan gaya rambut agar tidak terlihat menggunakan outfit yang sama berkali-kali.

So easy rite? Kalau kamu sudah menemukan apa yang terbaik untuk diri sendiri, aku yakin sekali kamu tidak akan pernah terpengaruh oleh pergantian tren dan melakukan pemborosan pada outfit-outfit tertentu. Remember, Buy Less, Choose Well and Make It Last! 

Create your own personal style dan biarkan orang lain mengenalmu melalui hal tersebut๐Ÿ’—

Love,
Itachen

MY INSTAGRAM 


You May Also Like

3 comments

  1. The key is "make your own trends". Tiap org punya rule masing2 tapi at least be wise utk belanja pakaian, beli fashion stuff yang basic dan bisa di mix&match banyak.. Nice to share this baby <3

    xo,
    Kiko.
    Monochrome-diary.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah yeah! that's the point "make your own trends". Thanks for mention it kiko ^^
      Yeaaay, thanksss love! <3

      Delete
  2. Elegan sekali <3 <3

    riannarie.blogspot.co.id

    ReplyDelete