Why I Choose To Dress Modestly

by - Sunday, March 19, 2017

This post is about my personal form of modesty which is dictated by what I consider my limits in what I want to show off to others..



I have always been a fairly modest person when it comes to clothing. Kalau kalian perhatikan gaya berbusanaku, aku hampir tidak pernah menggunakan rok ataupun dress yang diatas lutut. Well, aku tau ini merupakan topik yang sensitif bagi sebagian orang, tentang bagaimana seseorang memilih apa yang ingin mereka gunakan merupakan hak yang dimiliki setiap orang dan aku tidak pernah mempermasalahkan hal itu. Tapi, postinganku kali ini hanya ingin menjelaskan kenapa akhirnya aku memilih untuk berpakaian yang sopan.

Tapi memangnya kamu nggak pernah pakai celana pendek atau pakaian terbuka gitu ta dulu? Oh sure, I went through a short shorts phase in my teens, but now  I'm just not comfortable showing off too much of my body. Sekarang setelah aku merasa semakin dewasa, aku mulai menghargai diriku sendiri. Aku sadar apa yang terbaik untuk diriku sendiri, mungkin bisa disebut semacam self-respect. Tepatnya saat aku mulai mengenal dan mencintai outfit vintage, aku mulai merasa nyaman menggunakan pakaian yang sopan. Kalau dulu rasanya agak minder untuk pakai rok/dress se-betis, mungkin rasanya seperti agak "ndeso" ya hehehe. But now, I prefer my dresses to be at least mid-calf. I think that a longer length is more lady like and much more becoming.



Now that I'm older, I still have little rules that I follow. I don't wear hemlines much higher than my knees. I have one or two items of clothing that are a little shorter than I feel comfortable with, and whenever I wear them I feel kind of insecure, Of course my friends thinks I'm nuts and the length of skirt I'm talking about are laughably long enough, especially here in beach town where women wear short pants and t-shirt everyday. Hal ini memang sulit sekali awalnya, terutama aku tinggal di daerah pariwisata yang cuacanya lumayan panas, orang-orang lebih memilih menggunakan pakaian santai/casual seperti yang sudah aku sebutkan diatas. But I always believe in proportions, so if my arms and shoulder shoulders are bare then I shouldn't be wearing a short skirt.

Aku tekankan lagi, aku memilih untuk berpakaian seperti ini bukan berarti aku merasa lebih suci ataupun bermartabat dibandingkan orang lain. Bukan, tapi aku merasa inilah yang terbaik untuk diriku sendiri. Memang, aku akui dengan berpakaian seperti ini perlakuan orang-orang jauh sekali berbeda. Aku merasa dihargai sebagai perempuan, jarang sekali aku mendapat perlakuan yang kurang baik. The way people view me changes and thus, their attitudes towards me do as well. I also never wanted to draw too much negative attention to myself. Aku hampir tidak pernah melihat lawan jenis memperlakukanku dengan tidak sopan and I really appreciate that! Dulu pernah ada suatu kejadian lucu, aku pergi ke suatu mall dan bertemu dengan ibu-ibu paruh baya yang menggunakan pakaian minim sekali, tanktop dan celana super pendek, yang lucunya ibu itu melihatku dari atas sampai bawah seperti heran mungkin melihat anak muda sepertiku berpakaian seperti ini xD. Well, aku sudah terbiasa dengan hal itu. Hal positif lainnya yang aku dapatkan adalah dukungan penuh dari orang tuaku. Orang tua mana yang tidak senang dan tenang melihat anaknya memilih untuk berpakaian yang sopan kan?



Alasan lainnya adalah aku ingin bisa menginspirasi banyak wanita di luar sana, dressing modestly doesn't mean I'm oppressed or lack of confidence, tapi justru sebaliknya. Aku merasa jauh lebih percaya diri untuk merepresentasikan diriku. Aku ingin menginspirasi, tidak selalu harus berpakaian yang terbuka untuk selalu bisa tampil cantik, dicintai, ataupun stylish. Aku ingin membuktikan, bahkan dengan berpakaian yang sopan dan elegan pun kita masih bisa mendapatkan banyak peluang karir yang baik, dicintai oleh laki-laki yang bisa menerima kita apa adanya, dan dihargai oleh orang lain. I think I still look pretty nice and attractive in midi skirt and flowy clothing. Aku selalu percaya, kesopanan ini akan membawaku pada suatu hal yang baik kedepannya.



Mungkin setelah membaca ini akan banyak yang berpikir, "why should we be shamed for what we are wearing? We aren't you teaching the boys that we are not objects for their pleasure and to learn how to control themselves?" But in my opinions, I thought girls just needed to learn that in any polite society there are levels of modesty that are deemed acceptable. Contohnya, "no shirt, no shoes, no service" I have an entire blog dedicated to the idea that being well dressed is a form of politeness. So shouldn't I believe giirls need to be taught to respect themselves enough to want to cover up?

And again.. this is just my personal opinions.. I leave people to make their own choices.

Love,
Itachen

MY INSTAGRAM I MORE BEAUTY & STYLING TIPS



You May Also Like

1 comments

  1. They can choose whatever they wanna be. Just stay to that quote as long as you find comfort in it. Nice post

    www.jessicaliani.com

    ReplyDelete